Tentang Layanan Daikin Service Center yang Perlu Diketahui

Daikin Service Center melakukan pengecekan terlebih dulu sebelum memperbaiki kerusakan. Cara ini memudahkan teknisi mengetahui penyebab masalah pada mesin pendingin udara. Biaya jasa pengecekan lebih murah dibandingkan perbaikan.

Apa Saja Perlu Dicek Saat Service AC?

AC agar terus bekerja optimal perlu perawatan dan service. Sebab, semakin lama penggunaan AC jika tidak dirawat dengan benar, semakin mudah rusak. Namun, sebelum melakukan service sebaiknya dicek dulu agar bisa diketahui bagian yang rusaknya.

  1. Kelistrikan AC

Bagian yang harus dicek adalah kelistrikan AC. Tujuannya untuk mendeteksi masalah arus listrik yang mungkin terjadi pada komponen pendingin udara. Kelistrikan sangat penting sebab tanpa hal ini, AC bekerja tidak optimal. Arus terbuka atau arus pendek mengakibatkan alat pendingin membutuhkan waktu yang lama menurunkan suhu.

Korsleting listrik disebabkan arus pendek memang mampu merusak berbagai komponen AC. Tidak hanya itu, karena juga dapat menimbulkan kebakaran. Karena itu, harus dicek dengan baik. Teknisi Daikin AC dapat memasangkan lapisan non listrik pada bagian kontrol guna mengurangi risiko korsleting.

  1. Refrigerant

Refrigerant atau freon juga komponen penting bagi AC dalam menghasilkan hawa sejuk. Tanpa freon, udara yang dihasilkan tidak akan pernah sejuk. Komponen sering terjadi kekurangan jika AC sudah digunakan selama 4 tahun lamanya.

Karena itu, teknisi Daikin Indonesia Service Center  juga melakukan pengecekan freon untuk mendeteksi adanya kekurangan atau kebocoran. Menggunakan alat detektor agar lebih mudah dan bisa segera melakukan penanganan. Jika tidak segera diatasi, risiko fatalnya freon dapat mengakibatkan kebakaran.

  1. Sistem AC

Selanjutnya yang perlu dicek adalah sistem pusat AC. Teknisi akan mengecek komponen mesin pendingin apakah bekerja maksimal atau tidak. Mungkin saja ada bagian bocor mengakibatkan air merembes. Tentu saja, jika menemukan masalah akan segera diatasi.

Menggunakan jasa teknisi service lebih bagus dan aman dibandingkan memperbaiki sendiri. Melakukan pengecekan sendiri boleh saja asalkan tidak membongkar bagian dalam AC. Karena takutnya kesulitan memasang kembali jika tidak memiliki pengalaman dalam hal ini.

  1. Mesin AC

Terakhir, komponen mesin AC tak kalah penting dicek. Mulai dari karet, belt, kompresor dan yang lainnya. Jika ada komponen sudah aus atau performanya berkurang, ganti saja dengan yang baru. Teknisi biasanya akan memberikan informasi ini kepada pengguna.

Mesin melambat merupakan masalah tersendiri dialami pengguna AC. Solusinya dengan meneteskan oli atau pelumas di bagian AC. Mungkin jika dibilang hampir sama dengan mesin kendaraan, membutuhkan oli agar lebih kencang jalannya.

Itulah 4 poin penting dilakukan pengecekan oleh teknisi Daikin Service Center saat melakukan service. Tanpa pengecekan, sulit sekali menemukan penyebab kerusakan pendingin udara ini. Setelah perbaikan, maka komponen dapat berfungsi dengan baik lagi dan jangan lupa lakukan perawatan secara berkala.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.