Tidak Lagi Jabat Kepala BNPB, Doni Monardo: Istri Menunggu di Rumah

Letjen TNI Doni Monardo telah menyerahkan jabatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid 19 kepada Letjen TNI Ganip Warsito. Dalam acara serah terima jabatan di Gedung BNPB Jakarta, Doni Monardo mengatakan dengan tidak lagi menjabat Kepala BNPB, ia akan segera melalui malam pertama. Malam pertama yang dimaksud Doni Monardo yakni ia tidur di rumah.

Ia mengatakan selama Pandemi Covid 19, ia kerap tidur di Gedung BNPB, terkecuali hari libur. "Malam inilah, malam pertama juga bagi saya di luar hari libur untuk kembali ke rumah bersama keluarga," kata Doni Monardo di Graha BNPB, Selasa (25/5/2021). Istrinya kata Doni Monardo telah menunggu momentum tersebut. Selama lebih dari satu tahun ia bermalam di gedung BNPB memantau penanganan Covid 19 dan penanggulangan bencana di Indonesia.

"Saya mohon diri bersama keluarga, ini istri sudah menunggu kapan suaminya harus istirahat di rumah. Jadi malam ini adalah malam pertama, bukan malam pertama karena habis apa namanya, (tapi) malam pertama setelah 1 tahun lebih saya harus bermalam dan menginap di kantor," kata dia. Doni mengatakan setelah tidak menjabat Kepala BNPB, ia siap mengabdi kepada bangsa dan negara dalam tugas apapun. Ia meminta doa dan dukungan agar selalu diberi kekuatan dan kesehatan.

"Kami tetap siap mengabdi kepada bangsa negara dalam tugas tugas yang berbeda. Pengabdian pada bangsa negara tidak pernah mengenal batas ruang," katanya. Dalam kesempatan tersebut, Doni Monardo pun mengatakan kepada penerusnya bahwa BNPB ibarat satu pasukan khusus yang dimiliki TNI yakni Kopassus. "BNPB luar biasa pak Ganip, saya katakan bahwa BNPB ini ibarat Kopassus pak. Bahkan dalam kondisi darurat Covid 19 dan juga penanganan bencana di berbagai daerah nyaris tidak pernah istirahat," kata Doni.

Ganip kata Doni, akan memimpin para aparatur sipil negara (ASN) yang memiliki dedikasi tinggi di BNPB. Meskipun sipil, para ASN di BNPB tersebut memiliki militansi yang tinggi. "Jadi bapak (Ganip) menghadapi kalangan sipil tetapi yang berjiwa militan dan rasanya sulit sekali menemukan ASN yang punya dedikasi yang luar biasa," kata Mantan Danjen Kopassus itu.

Dalam pidatonya di depan para pejabat BNPB, Doni Monardo bersyukur telah dipercaya menjabat kepala BNPB selama kurang lebih 2 tahun 4 bulan oleh Presiden Jokowi. Pekerjaan tersebut sangat luar biasa karena menyangkut aspek kemanusiaan sehingga membutuhkan stamina dan keteguhan hati yang tinggi. "Karena menghadapi begitu banyak persoalan yang tidak mudah di daerah, ketika bencana terjadi dan kita juga masih menghadapi sejumlah persoalan yang belum selesai dalam program rehabilitasi dan rekonstruksi di berbagai daerah," katanya. Doni mengatakan dengan kesigapan para ASN di BPNB, banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia dapat terkendali . Baik itu gempa bumi, likuifaksi, erupsi gunung berapi, ancaman hidrometeorologi dan lainnya.

"Sekali lagi ini luar biasa, saya sampaikan rasa hormat dan terima kasih yang setinggi tingginya," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.